Senin, 13 Oktober 2014

monumen pancasila sakti

WISATA SEJARAH JAKARTA “MONUMEN PANCASILA SAKTI” LUBANG BUAYA

 
 
 
 
 
 
9 Votes

Hello World!!
Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa pahlawannya- Ir. Soekarno(Pidato Hari Pahlawan 10 Nov.1961)
Korban G30 S PKI
Korban G30 S PKI
Untuk mengunjungi wisata sejarah Jakarta khususnya wisata museum sangat susah bagiku, bukan susah untuk mengunjunginya tapi susah untuk mengajak orang menemani. Kenapa tidak? Aku sampai membuat status di twitter “Anyone who want to join me seeing Lubang Buaya?” tapi satupun tidak berminat. Mungkin wisata sejarah kurang minat kali ya!! Padahal sehari sebelum penjelajahan Lubang Buaya, aku telah mengajak Gladies, cewek dari Manado yang merupakan teman sebelah kosanku. Kami berencana ke Lubang buaya pukul 10.00 WIB tapa apa daya, Gladies sudah ku bangunkan namun dianya tetap tidur ZZZZ….
monumen pancasila sakti
monumen pancasila sakti
Kemudian aku juga mengajak Bg Novri, Bg dendi, Rahma dan San Ayu. Sayangnya Rahma dan Bg Dendi tidak bisa ikut karena bekerja. Sedangkan San Ayu dan Bg Novrijal tidak jelas!! Alhasil aku memutuskan untuk pergi sendiri. Aku hanya tahu kalau lokasi Monumen Pancasila Sakti berada di Jakarta Timur tanpa tahu dimana persis lokasi lubang Buaya tersebut.
SUMUR MAUT
SUMUR MAUT
Dengan semangat 45 akhirnya aku pun nekat-nekatan pergi sendiri, karena terinsiprasi kaat-kata Soekarno (Idola ku :D),
“Perjuanganku lebih mudah karena mengusir penjajah, tapi perjuanganmu akan lebih sulit karena melawan bangsamu sendiri”.
Sebelum berangkat, akupun pergi ke ITC Roxy dulu untuk memperbaiki Hpku yang rusak lalu akupun memutuskan untuk berangkat. Nah tanpa diduga akupun mendapatkan Guide local bernama Fery yang pernah kedaerah tesebut. Fery yang solo traveler merupakan temannya temanku Sinta di Facebook yang mengajak ke Simeru tapi belum tahu apa bisa kesana atau tidak berhubung jadwalnya yang tidak tepat.
Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta
Monumen Pancasila Sakti Lubang Buaya Jakarta
Singkat cerita Ferylah judi guideku ke Lubang Buaya. Ternyata lubang buaya sangat mudah untuk diakses karena lokasi Lubang Buaya berada di Daerah Lubang Buaya Jakarta Timur. Cukup naik busway jurusan Pinang Ranti dan menaiki angkot dengan membayar Rp2000 maka akan diturunkan di gerbang pintu Lubang Buaya.
Lubang Buaya
Nah apa yang ada di Lubang Buaya?
Di Lubang buaya terdapat sumur maut, yaitu sumur yang meupakan tempat diletakkannya tujuh jenazah jenderal yang dilakukan oleh PKI yang sering dikenal dengan Penghianatan Komunis G 30 September PKI (G 30 S PKI). Lubang buaya yang merupakan sumur maut yang digunakan PKI berdiameter 75 cm sedalam 12 meter untuk mengubur tujuh jenazah pahlawan revolusi pada tanggal 1 Oktober 1965.
Kecam bukan?
Di Lubang Buaya terdapat Monumen Pancasila Sakti yang berdiri patung tujuh pahlawan Revolusi, terdapat sumur maut, Serambi Penyiksaan, dan rumah tua serta museum penghiantan PKI.

Serambi penyiksaan digunakan oleh pemberontak G 30 S/PKI sebagai tempat menawan dan menyiksa Mayor Jendral S. Parman, Mayor Jenderal Suprapto, Brigadir Jenderal Sutoyo, dan Letnan Satu Pierre Tendean sebelum mereka dibunuh dan dimasukkan ke dalam Lubang Sumur. (Ini ada tulisannya sekaligus bahasa Inggrisnya :D)
The tortuting Verandah
On October first 1965, the verandah of this house was used by communist party of Indonesia rebels to arrest and torture Major General S.Parman, Major General Suprapto, Brigadire General Sutoyo, and first lietenant Pierre Tandean, before they were murdered and thrown into waterless well”
Nah saat ke Lubang Buaya kami sampai pukul 5 sore kebayang deh patung lilin penyiksaaan yang mirip banget lengkap dengan cara penyiksaannya.. Seram!!!
Monumen Pancasila Sakti buka setiap hari dari pukul 09.00 sampai pukul 16.00 WIB namun meski kami datang pukul 17.00 masih diperbolehlan masuk.. :).
Tiket masuk ke Monumen Pancasila Sakti seharga Rp5000 dan cukup murah untuk menambah pengetahuan sejarah dan bukti nyata sejarah.
mobil tua
mobil tua
Kalau ada yang bertanya buat apa ke Lubang Buaya?
Maka aku menjawab “melihat saksi bisu bukti nyata peninggalan Sejarah”
To let you know why I was so enthusianm to see this monument because I was seeing the monument on TV and when I grow up and staying at Jakarta, it’s a chance for me seeing this through my direct eyes”!! Excited? Absolutly statisfy!!
Bagi yang bingung mengabiskan waktu weekend mau kemana mending ke lubang buaya. Wisata sejarah murah dan mudah di dapat dan terjangkau.
Monunem Pancasila Sakti Lubang BUaya
Lumayan menyenangkan untuk jalan-jalan hemat di Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar