Senin, 13 Oktober 2014

Museum Indonesia





Buka: Seni - Minggu pukul 09.00 - 16.0009.00 - 16.00 wib

Dibangun tahun 1976 dan diresmikan 20 April 1980 bertepatan dengan peringatan HUT ke-5 Taman Mini “Indonesia Indah“ oleh Presiden Soeharto.


Pintu gerbang utama yang terdapat di sebelah selatan berupa sebuah candi kurung yang biasa disebut Padu Raksa atau Kari Agung, sedangkan di sebelah barat terdapat gerbang kedua yang disebut Candi Bentar.


Disekitar bangunan utama terdapat bangunan pendukung dan patung-patung dengan nama dan arti yang simbolis. Relief yang terdapat pada bagian depan bangunan utama diambil dari cerita Ramayana yang berjudul Hanoman Duta


Fungsi utamanya sebagai ruang pameran dengan tiga tema.


Lantai I "Bhineka Tunggal Ika" menampilkan pakaian adat dan pakaian pengantin lengkap dari 27 provinsi, sesuai jumlah provinsi pada saat itu.


Lantai II bertema manusia dan lingkungan, menampilkan miniatur rumah-rumah adat, peralatan mata pencaharian yang dipamerkan meliputi alat perikanan, alat berburu dan meramu, alat pertanian, serta upacara-upacara daur hidup (life circle rites) yang ditampilkan dalam bentuk diorama.


Lantai III bertema seni dan kriya, menampilkan koleksi-koleksi tekstil meliputi songket, tenun dan batik; berbagai benda kerajinan dari bahan logam perak, kuningan dan tembaga; seni ukir dari bahan kayu gaya Jepara, Bali, Toraja, dan Asmat. penempatan pohon hayat yang mengandung unsur udara, air, angin, tanah, dan api sekaligus menutup rangkaian cerita atas seluruh tema pameran secara keseluruhan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar